Rabu, 16 Januari 2019

Peran IT pada FinTech


Read More ->>

Etika Profesi Di Salah Satu Negara


Etika Profesi Di Salah Satu Negara



Etika profesi merupakan sikap etis yang menjadi bagian integral dari sikap hidup dalam menjalankan kehidupan sebagai pengemban profesi. Sebagai cabang filsafat etika profesi mempelajari penerapan prinsip-prinsip moral dasar atau norma-norma etis umum pada bidang-bidang khusus (profesi) kehidupan manusia.
Menurut Siti Rahayu (2010). Etika profesi merupakan kode etik untuk profesi tertentu dan karenanya harus dimengerti selayaknya, bukan sebagai etika absolut.
Dalam menjalankan etika profesi maka dibutuhkan penyusunan kode etik profesi yang merupakan perumusan norma-norma dan nilai-nilai moral yang menjadi indikator perilaku (code of conduct) kelompok profesi tertentu. Kelompok profesi harus menaati kode etik tersebut, sekaligus mencegah pelanggaran serta berani menjatuhkan sanksi kepada setiap anggotanya yang melanggar.
Kode Etik Profesi merupakan bagian dari etika profesi. Kode etik profesi merupakan lanjutan dari norma-norma yang lebih umum yang telah dibahas dan dirumuskan dalam etika profesi. Kode etik ini lebih memperjelas, mempertegas dan merinci norma-norma ke bentuk yang lebih sempurna walaupun sebenarnya norma-norma tersebut sudah tersirat dalam etika profesi. Dengan demikian kode etik profesi adalah sistem norma atau aturan yang ditulis secara jelas dan tegas serta terperinci tentang apa yang baik dan tidak baik, apa yang benar dan apa yang salah dan perbuatan apa yang dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh seorang professional.



Etika Profesi di Indonesia

Berbicara tentang etika profesi, Indonesia tidak banyak berbeda dengan negara lainnya dalam menjalankan aktifitas perkantoran dan kode etik yang dilakukan. Karena mayoritas penduduk di Indonesia bekerja di bidang wira usaha dan ada juga yang bekerja sebagai pegawai negeri. Berikut beberapa etika yang sering terlihat dalam dunia kerja yang umumnya ada di Indonesia.

1. Respect
Respect adalah rasa hormat, apabila dalam dunia perkantoran tentu akan selalu di terapkan sikap respect kepada rekan kerja, senior, apalagi boss, kehilangan rasa hormat kepada mereka membuat kita akan sangat kesulitan dalam bekerja atau lebih buruk lagi bisa dipecat.

2. Good Attitude
Sikap ini memang tidak mudah didapatkan oleh seseorang, dan tidak mudah untuk dipelajari, namun apabila menerapkan sikap ramah setiap saat kepada orang lain di kehidupan kita, pasti juga akan terbiasa menerapkannya di dunia perkantoran. Kepribadian ini sangat dicari banyak pimpinan perusahaan dalam mencari karyawannya, sebab umumnya, seseorang yang memiliki kepribadian yang bagus sangat mudah berinteraksi, menghormati sesama, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

3. Serius Dalam Pekerjaannya
Jika kita ingin memajukan perusahaan kita, maka kita perlu karyawan yang tidak hanya baik dalam kepribadian, namun juga bagus dalam cara dia bekerja. Dengan serius dalam pekerjaan yang kita tekuni maka rekan kerja dan pimpinan perusahaanpun pasti mengapresiasi hasil kerja kita.

4. Koperatif
Jika dalam sebuah perusahaan terdapat beberapa team untuk menjalankan pekerjaan tertentu, maka sikap ini sangat perlu dimiliki, koperatif adalah sikap saling bantu sesama rekan dan berjuang bersama-sama meraih “goal” bersama. Dengan sikap saling koperatif, kita juga bisa membantu rekan kita dalam menjalankan pekerjaan perkantoran.



5. Leadership
Sikap ini perlu ditanamkan pada setiap karyawan, apakah dia seorang manager, leader, ataupun hanya karyawan biasa. Sikap ini mendukung produktifitas kerja yang tingi, karena seseorang yang memiliki sikap leadership ini umumnya memiliki kedisiplinan yang tinggi, responsif, motivatif, dan memberikan bantuan kepada karyawan yang belum berpengalaman agar menjadi lebih berpengalaman.


Read More ->>
Diberdayakan oleh Blogger.