Rabu, 16 Januari 2019
Etika Profesi Di Salah Satu Negara
Etika Profesi Di Salah Satu Negara
Etika profesi merupakan sikap
etis yang menjadi bagian integral dari sikap hidup dalam menjalankan kehidupan
sebagai pengemban profesi. Sebagai cabang filsafat etika profesi mempelajari
penerapan prinsip-prinsip moral dasar atau norma-norma etis umum pada
bidang-bidang khusus (profesi) kehidupan manusia.
Menurut Siti Rahayu (2010). Etika profesi merupakan kode
etik untuk profesi tertentu dan karenanya harus dimengerti
selayaknya, bukan sebagai etika absolut.
Dalam menjalankan etika profesi maka dibutuhkan
penyusunan kode etik profesi yang merupakan perumusan norma-norma dan
nilai-nilai moral yang menjadi indikator perilaku (code of conduct)
kelompok profesi tertentu. Kelompok profesi harus menaati kode etik tersebut, sekaligus
mencegah pelanggaran serta berani menjatuhkan sanksi kepada setiap anggotanya
yang melanggar.
Kode Etik Profesi merupakan bagian dari etika profesi.
Kode etik profesi merupakan lanjutan dari norma-norma yang lebih umum yang
telah dibahas dan dirumuskan dalam etika profesi. Kode etik ini lebih
memperjelas, mempertegas dan merinci norma-norma ke bentuk yang lebih sempurna
walaupun sebenarnya norma-norma tersebut sudah tersirat dalam etika profesi.
Dengan demikian kode etik profesi adalah sistem norma atau aturan yang ditulis
secara jelas dan tegas serta terperinci tentang apa yang baik dan tidak baik,
apa yang benar dan apa yang salah dan perbuatan apa yang dilakukan dan tidak
boleh dilakukan oleh seorang professional.
Etika Profesi di Indonesia
Berbicara tentang etika
profesi, Indonesia tidak banyak berbeda dengan negara lainnya dalam menjalankan
aktifitas perkantoran dan kode etik yang dilakukan. Karena mayoritas penduduk di
Indonesia bekerja di bidang wira usaha dan ada juga yang bekerja sebagai pegawai
negeri. Berikut beberapa etika yang sering terlihat dalam dunia kerja yang
umumnya ada di Indonesia.
1. Respect
Respect adalah rasa hormat, apabila dalam dunia perkantoran tentu
akan selalu di terapkan sikap respect kepada rekan kerja, senior, apalagi boss,
kehilangan rasa hormat kepada mereka membuat kita akan sangat kesulitan dalam
bekerja atau lebih buruk lagi bisa dipecat.
2. Good Attitude
Sikap ini memang tidak
mudah didapatkan oleh seseorang, dan tidak mudah untuk dipelajari, namun
apabila menerapkan sikap ramah setiap saat kepada orang lain di kehidupan kita,
pasti juga akan terbiasa menerapkannya di dunia perkantoran. Kepribadian ini
sangat dicari banyak pimpinan perusahaan dalam mencari karyawannya, sebab
umumnya, seseorang yang memiliki kepribadian yang bagus sangat mudah berinteraksi,
menghormati sesama, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
3. Serius Dalam Pekerjaannya
Jika kita ingin memajukan
perusahaan kita, maka kita perlu karyawan yang tidak hanya baik dalam
kepribadian, namun juga bagus dalam cara dia bekerja. Dengan serius dalam pekerjaan
yang kita tekuni maka rekan kerja dan pimpinan perusahaanpun pasti mengapresiasi
hasil kerja kita.
4. Koperatif
Jika dalam sebuah
perusahaan terdapat beberapa team untuk menjalankan pekerjaan tertentu, maka sikap
ini sangat perlu dimiliki, koperatif adalah sikap saling bantu sesama rekan dan
berjuang bersama-sama meraih “goal” bersama. Dengan sikap saling koperatif, kita
juga bisa membantu rekan kita dalam menjalankan pekerjaan perkantoran.
5. Leadership
Sikap ini perlu
ditanamkan pada setiap karyawan, apakah dia seorang manager, leader, ataupun
hanya karyawan biasa. Sikap ini mendukung produktifitas kerja yang tingi,
karena seseorang yang memiliki sikap leadership ini umumnya memiliki
kedisiplinan yang tinggi, responsif, motivatif, dan memberikan bantuan kepada karyawan
yang belum berpengalaman agar menjadi lebih berpengalaman.
Selasa, 16 Oktober 2018
Etika Profesi - Kasus Pelanggaran UU ITE
Kronologi Kasus Buni Yani
Penyebar Video Ahok Soal Al Maidah
Penyebar Video Ahok Soal Al Maidah
Diliput oleh CNN Indonesia -- Buni
Yani resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyebaran informasi
yang menimbulkan rasa kebencian berdasarkan SARA akibat pernyataan/tulisan
dalam status yang dia sebar di akun Facebook. Polisi menilai perbuatan
Buni termasuk perbuatan pidana karena telah menyertakan status yang berpotensi
menimbulkan rasa kebencian saat mengunggah cuplikan video pernyataan Basuki Tjahaja
Purnama.
Kasus Buni Yani bergulir dalam
rangkaian kronologi yang cukup panjang. Sejak video itu diunggah, media sosial
membuat viral video yang menayangkan Ahok saat bertugas di Kepulauan Seribu. Video
yang diunggah Buni Yani berhasil menyedot ribuan peserta Aksi Bela Islam turun
ke jalan menuntut proses hukum Ahok. Gerakan masif itu juga didorong oleh sikap
keagamaan MUI yang menyebut Ahok telah menistakan agama. Dengan desakan publik
dan ketegangan politik yang cukup besar, pemerintah pun turun tangan. Polri diinstruksikan
melakukan gelar terbuka khusus untuk kasus Ahok. Ahok pun kemudian ditetapkan sebagai
tersangka penista agama.
Berikut
kronologi drama perjalanan panjang kasus Buni Yani yang telah membuat gaduh
situasi politik nasional, terutama ibu kota.
6 Oktober2016
Buni
Yani mengunggah cuplikan video pernyataan Ahok saat bertugas selaku Gubernur
DKI Jakarta di Kepulauan Seribu. Dalam video itu Ahok menyitir surat Al Maidah ayat
51. Cuplikan Video Ahok yang diunggah Buni Yani menjadi viral di media sosial.
Postingan itu dia beri judul 'PENISTAAN TERHADAP AGAMA?'.
7 Oktober
Kelompok
relawan Kotak Adja (Komunitas Muda Ahok Djarot) melaporkan Buni Yani terkait
postingan video yang menampilkan pernyataan Ahok. Postingan yang viral di media
sosial itu disebut telah diakali untuk tidak ditayangkan secara utuh dan berpotensi
memprovokasi masyarakat.
10 Oktober
Buni
Yani melaporkan balik Komunitas Advokat Pendukung Ahok-Djarot (Kotak Adja).
Buni merasa tidak pernah mengedit video Ahok terkait dugaan penistaan agama. Buni
melaporkan balik relawan Ahok dengan didampingi 20 anggota Himpunan Advokat
Muda Indonesia. Buni melaporkan balik relawan Kotak Adja karena merasa
difitnah dan dihalang-halangi dalam hal kebebasan berpendapat.
14 Oktober
Video
yang diunggah Buni Yani dijadikan sebagai rujukan aksi ratusan orang dari Front
Pembela Islam. Massa FPI berdemonstrasi di Balai Kota DKI Jakarta. Dalam
berbagai orasi dan spanduk yang mereka bawa, para pendemo meminta Gubernur DKI
Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ditangkap.
"Kami minta polisi menangkap Ahok, kalau tidak kami bunuh," kata Ketua FPI Muhammad Rizieq Shihab dalam orasinya.
"Kami minta polisi menangkap Ahok, kalau tidak kami bunuh," kata Ketua FPI Muhammad Rizieq Shihab dalam orasinya.
1 November
Terhitung
sejak video Ahok diunggah hingga memasuki bulan November, polisi mencatat
setidaknya ada 11 laporan terkait kasus dugaan penistaan agama dengan terlapor Ahok.
Dari 11 laporan itu ada yang dilaporkan di Palu, Palembang, Mapolda Metro Jaya,
dan juga Bareskrim Polri.
4 November
Demonstrasi
besar-besaran terjadi pada 4 November. Areal di lingkaran Istana Merdeka dan
silang Monas menjadi lautan masa berpakaian serba putih. Aksi Bela Islam yang
berlangsung damai itu menuntut pemerintah turun tangan memproses tuntutan agar
proses hukum terhadap Ahok dijalankan.
Ketika petang beganti malam, demonstrasi berujung ricuh. Suasana di Jalan Merdeka Barat mencekam. Peserta aksi bertindak anarkis akibat provokasi sejumlah oknum di lapangan. Di tempat terpisah, kerusuhan terjadi di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara. Massa bentrok dengan aparat pengamanan. Mereka bahkan melakukan penjarahan di beberapa toko yang ada di sana.
Ketika petang beganti malam, demonstrasi berujung ricuh. Suasana di Jalan Merdeka Barat mencekam. Peserta aksi bertindak anarkis akibat provokasi sejumlah oknum di lapangan. Di tempat terpisah, kerusuhan terjadi di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara. Massa bentrok dengan aparat pengamanan. Mereka bahkan melakukan penjarahan di beberapa toko yang ada di sana.
15 November
Desakan
publik dan ketegangan situasi politik di ibu kota telah membuat Presiden Joko
Widodo mengeluarkan pernyataan dan sikap resmi selaku kepala pemerintahan. Dalam
pernyataannya, Jokowi meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan
jajarannya untuk memproses hukum Ahok secara terbuka dan transparan. Polisi pun
kemudian untuk pertama kalinya melakukan gelar perkara terbuka dengan melibatkan
sejumlah pihak dalam memproses hukum kasus dugaan penistaan agama yang
dituduhkan Ahok.
16 November
Polisi
menetapkan Ahok sebagai tersangka. Meski tidak disimpulkan dengan suara bulat,
hasil gelar perkara memutuskan proses hukum Ahok ditingkatkan dari penyelidikan
ke tingkat penyidikan.
Ahok dikenai Pasal 156-A Kitab Undang-Undang Hukum Pidana juncto Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE.
Ahok dikenai Pasal 156-A Kitab Undang-Undang Hukum Pidana juncto Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE.
23 November
Buni
Yani untuk pertama kalinya diperiksa sebagai terlapor atas laporan Kotak Adja
terkait Undang-Undang no.11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Buni Yani memenuhi panggilan polisi pada siang hari dan menjalani pemeriksaan
intensif di Polda Metro Jaya. Berdasarkan hasil pemeriksaan dan penyelidikan,
polisi memutuskan untuk menetapkan Buni Yani sebagai tersangka penghasutan SARA.
Jumat, 12 Januari 2018
PROPOSAL
MANAJEMEN PROYEK DAN RISIKO
RESTORAN BERTEMA JEPANG
Disusun oleh :
Iqbal Andi Pradana
23115401
3KB05
SISTEM KOMPUTER (S1)
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal ini.
Penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan agar makalah ini bisa lebih baik lagi. Penulis juga berharap proposal ini bisa membantu menambah pengetahuan, memberikan informasi, serta bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Bojonggede, 12 Januari 2018
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di Indonesia terutama di kota-kota besar sudah puluhan sampai ratusan restoran atau perusahaan yang bergerak di bidang kuliner jepang, hal ini dipengaruhi karena kebudayaan jepang sudah dengan cepat menyebar ke seluruh kota di Indonesia. Banyak dari orang Indonesia ingin tahu lebih banyak seputar kehidupan dan kebudayaan negara asing karena setiap negara memiliki ciri khas khusus, kebudayaan dan tak terlepas juga persoalan kuliner yang unik. Makanan negara Jepang memang sedikit berbeda dengan yang ada di Nusantara, hal inilah yang membuat persaingan di dunia restoran cepat saji di Indonesia menjadi lebih bervariasi.
1.2 Tujuan
Tujuan dibuatnya proposal makalah ini diantara lain :
1. Menjelaskan sistem manajemen perusahaan restoran cepat saji
2. Mengetahui infrastruktur apa saja yang digunakan pada standar perusahaan restoran
3. Estimasi biaya
1.3 Manfaat
Adapun manfaat yang akan didapat oleh perusahaan restoran bertema Jepang diantara lain :
1. Memberikan satu keunikan daripada restoran yang lain
2. Jenis resto ini masih terbilang baru di Indonesia, sehingga persaingan masih cenderung
minim.
BAB II
ANALISIS PERUSAHAAN
2.1 Prospek Usaha
Dengan berdirinya perusahaan yang bergerak dibidang restoran cepat saji, maka perusahaan diharapkan mampu bersaing dengan perusahaan yang sejenis terlebih lagi dengan menawarkan suatu sajian yang baru.
2.2 Sasaran
Pengunjung yang cenderung menikmati hidangan yang baru dan berbeda adalah sasaran utama bagi restoran bertemakan Jepang ini untuk menyediakan variasi hidangan masakan Jepang.
2.3 Risiko
Evaluasi tentang usaha (Analisis SWOT)
Strength (Keunggulan), Dengan mengandalkan teknik memasak yang diharuskan profesional, restoran ini memiliki kepercayaan masyarakat dari segi teknik penyajian masakan, bahan pokok masakan yang bagus, serta arsitektur dekorasi ruang yang otentik.
Weakness (Kelemahan), Persaingan dengan perusahaan dalam negeri membuat restoran ini menjadi cukup terbebani dengan hidangan khas Jepang yang secara keseluruhan masih asing di lidah masyarakat Indonesia.
Oportunity (Peluang), Masih sedikitnya perusahaan dibidang restoran cepat saji yang berbeda dari yang lain membuat restoran ini memiliki peluang untuk berkembang di Indonesia.
Threat (Ancaman), Munculnya perusahaan baru yang sejenis yang bisa menambahkan angka persaingan di dunia restoran bertemakan Jepang.
BAB III
PELAKSANAAN PROYEK
3.1 Proyek
Proyek adalah rangkaian kegiatan yang memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu yang pengelolaannya diikuti dengan prosedur-prosedur dan manajemen tertentu.
Aturan – aturan yang membatasi pelaksanaan proyek adalah :
1. SPK / SPMK
2. Kontrak dan dokumen kontrak
3. RKS (Rencana Kerja dan Syarat – syarat)
3.2 Tahap Pelaksanaan Proyek
Tahap pra pelaksanaan proyek ini meliputi :
1. Membuat persiapan secara detail untuk menunjang kelancaran pelaksanaan
2. Kontraktor memberikan jaminan bank dan uang muka, mempelajari isi kontrak. Dalam kasus
ini kontrak dibagi menjadi dua macam yaitu :
• Kontrak lumpsum, kontrak yang dilaksanakan sesuai dengan gambar dan RKS dalam dokumen lelang yang nilainya pasti dan mengikat, kuantitas dari masing – masing pekerjaan relative pasti, gambar – gambar rencana dan spesifikasi lengkap terperinci.
3.3 Persiapan Administratif yang dilakukan
• Surat menyurat (dengan petugas setempat, pimpro/bagpro maupun konsultan)
• Membuat surat tugas (internal)
• Membuat laporan internal dan eksternal
3.4 Persiapan teknis yang dilakukan
• Struktur organisasi proyek
• Time schedule / Master schedule
• Metode kerja / Metode pelaksanaan
3.5 Tahap Pelaksanaan
Tahap ini merupakan pelaksanaan konstruksi dasar di bidang arsitektur. Dalam pelaksanaannya ada dua target yang perlu dicapai, yaitu :
Target waktu
Target biaya
BAB IV
BIAYA KEGIATAN PROYEK
4.1 Estimasi Biaya
No
Nama
Jumlah (Rp)
1
Konsultan Desain
15.000.000
2
Konsultan penyajian dan bahan masak
17.000.000
3
Biaya Dekorasi dan maintain infrastruktur
278.000.000
Total
310.000.000
A. Biaya untuk Food and Decoration Consultant
B. Biaya Bahan Pokok Masak dan Kitchen Tools
No
Nama
Jumlah (Rp)
1
Perangkat Masak
37.200.000
2
Bahan Pokok
16.700.000
3
Hiasan Ruang
24.900.000
Total
74.300.000
BAB V
PENUTUP
Dalam membangun restoran cepat cepat saji diharapkan para pengusaha bisa menjaga sportifitas persaingan pasar global dengan menggunakan standar bahan masak yang layak dan juga penyajian yang profesional, dan diharapkan kedepannya bisa membantu perekonomian negara menjadi lebih baik.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.scribd.com/mobile/document/57172821/pRoposaL-Usaha-Makanan-Cepat-Saji#
http://sattyainu.blogspot.co.id/2018/01/proposal-manejemen-proyek-dan-resiko.html?m=1
Read More ->>
MANAJEMEN PROYEK DAN RISIKO
RESTORAN BERTEMA JEPANG
Disusun oleh :
Iqbal Andi Pradana
23115401
3KB05
SISTEM KOMPUTER (S1)
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal ini.
Penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan agar makalah ini bisa lebih baik lagi. Penulis juga berharap proposal ini bisa membantu menambah pengetahuan, memberikan informasi, serta bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Bojonggede, 12 Januari 2018
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di Indonesia terutama di kota-kota besar sudah puluhan sampai ratusan restoran atau perusahaan yang bergerak di bidang kuliner jepang, hal ini dipengaruhi karena kebudayaan jepang sudah dengan cepat menyebar ke seluruh kota di Indonesia. Banyak dari orang Indonesia ingin tahu lebih banyak seputar kehidupan dan kebudayaan negara asing karena setiap negara memiliki ciri khas khusus, kebudayaan dan tak terlepas juga persoalan kuliner yang unik. Makanan negara Jepang memang sedikit berbeda dengan yang ada di Nusantara, hal inilah yang membuat persaingan di dunia restoran cepat saji di Indonesia menjadi lebih bervariasi.
1.2 Tujuan
Tujuan dibuatnya proposal makalah ini diantara lain :
1. Menjelaskan sistem manajemen perusahaan restoran cepat saji
2. Mengetahui infrastruktur apa saja yang digunakan pada standar perusahaan restoran
3. Estimasi biaya
1.3 Manfaat
Adapun manfaat yang akan didapat oleh perusahaan restoran bertema Jepang diantara lain :
1. Memberikan satu keunikan daripada restoran yang lain
2. Jenis resto ini masih terbilang baru di Indonesia, sehingga persaingan masih cenderung
minim.
BAB II
ANALISIS PERUSAHAAN
2.1 Prospek Usaha
Dengan berdirinya perusahaan yang bergerak dibidang restoran cepat saji, maka perusahaan diharapkan mampu bersaing dengan perusahaan yang sejenis terlebih lagi dengan menawarkan suatu sajian yang baru.
2.2 Sasaran
Pengunjung yang cenderung menikmati hidangan yang baru dan berbeda adalah sasaran utama bagi restoran bertemakan Jepang ini untuk menyediakan variasi hidangan masakan Jepang.
2.3 Risiko
Evaluasi tentang usaha (Analisis SWOT)
Strength (Keunggulan), Dengan mengandalkan teknik memasak yang diharuskan profesional, restoran ini memiliki kepercayaan masyarakat dari segi teknik penyajian masakan, bahan pokok masakan yang bagus, serta arsitektur dekorasi ruang yang otentik.
Weakness (Kelemahan), Persaingan dengan perusahaan dalam negeri membuat restoran ini menjadi cukup terbebani dengan hidangan khas Jepang yang secara keseluruhan masih asing di lidah masyarakat Indonesia.
Oportunity (Peluang), Masih sedikitnya perusahaan dibidang restoran cepat saji yang berbeda dari yang lain membuat restoran ini memiliki peluang untuk berkembang di Indonesia.
Threat (Ancaman), Munculnya perusahaan baru yang sejenis yang bisa menambahkan angka persaingan di dunia restoran bertemakan Jepang.
BAB III
PELAKSANAAN PROYEK
3.1 Proyek
Proyek adalah rangkaian kegiatan yang memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu yang pengelolaannya diikuti dengan prosedur-prosedur dan manajemen tertentu.
Aturan – aturan yang membatasi pelaksanaan proyek adalah :
1. SPK / SPMK
2. Kontrak dan dokumen kontrak
3. RKS (Rencana Kerja dan Syarat – syarat)
3.2 Tahap Pelaksanaan Proyek
Tahap pra pelaksanaan proyek ini meliputi :
1. Membuat persiapan secara detail untuk menunjang kelancaran pelaksanaan
2. Kontraktor memberikan jaminan bank dan uang muka, mempelajari isi kontrak. Dalam kasus
ini kontrak dibagi menjadi dua macam yaitu :
• Kontrak lumpsum, kontrak yang dilaksanakan sesuai dengan gambar dan RKS dalam dokumen lelang yang nilainya pasti dan mengikat, kuantitas dari masing – masing pekerjaan relative pasti, gambar – gambar rencana dan spesifikasi lengkap terperinci.
3.3 Persiapan Administratif yang dilakukan
• Surat menyurat (dengan petugas setempat, pimpro/bagpro maupun konsultan)
• Membuat surat tugas (internal)
• Membuat laporan internal dan eksternal
3.4 Persiapan teknis yang dilakukan
• Struktur organisasi proyek
• Time schedule / Master schedule
• Metode kerja / Metode pelaksanaan
3.5 Tahap Pelaksanaan
Tahap ini merupakan pelaksanaan konstruksi dasar di bidang arsitektur. Dalam pelaksanaannya ada dua target yang perlu dicapai, yaitu :
Target waktu
Target biaya
BAB IV
BIAYA KEGIATAN PROYEK
4.1 Estimasi Biaya
No
Nama
Jumlah (Rp)
1
Konsultan Desain
15.000.000
2
Konsultan penyajian dan bahan masak
17.000.000
3
Biaya Dekorasi dan maintain infrastruktur
278.000.000
Total
310.000.000
A. Biaya untuk Food and Decoration Consultant
B. Biaya Bahan Pokok Masak dan Kitchen Tools
No
Nama
Jumlah (Rp)
1
Perangkat Masak
37.200.000
2
Bahan Pokok
16.700.000
3
Hiasan Ruang
24.900.000
Total
74.300.000
BAB V
PENUTUP
Dalam membangun restoran cepat cepat saji diharapkan para pengusaha bisa menjaga sportifitas persaingan pasar global dengan menggunakan standar bahan masak yang layak dan juga penyajian yang profesional, dan diharapkan kedepannya bisa membantu perekonomian negara menjadi lebih baik.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.scribd.com/mobile/document/57172821/pRoposaL-Usaha-Makanan-Cepat-Saji#
http://sattyainu.blogspot.co.id/2018/01/proposal-manejemen-proyek-dan-resiko.html?m=1
Jumat, 17 November 2017
Pekerjaan IT Beserta Jobdescnya
10 Pekerjaan yang berkaitan dengan IT
Web Designer
Jobdesc : Membuat desain sebuah website, desain tersebut akan dibuka atau dinikmati pada sebuah layar handhone, layar tablet atau layar computer. Membuat rancangan layout website dengan menggunakan photoshop atau bias langsung membuatnya dengan browser. Software Engineer
Jobdesc : Meneliti, merancang, dan men-develop system software untuk memenuhi keperluan client. Setelah sistem sudah secara penuh dirancang software engineer lalu diuji, dan memelihara system.
Database Administrator
Jobdesc : Bertanggung jawab untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan database. Pemasangan software baru dari software DBMS, konfigurasi hardware dan software dengan system administrator, pengamanan administrasi, analisis data, mendesain database, dan pemodelan data serta optimasi. Business Development
Jobdesc : Mengembangkan bisnis yang dimiliki oleh suatu perusahaan, melakukan analisa bisnis, juga mengelola opportunity business yang ada.
System Engineer
Jobdesc : Menyediakan rancangan system dan konsultasi terhadap pelanggan, memberikan respon terhadap permintaan technical queries serta dukungannya, dan melakukan pelatihan teknis ke pelanggan dan IT Administrator.
Account Manager
Jobdesc : Bertanggung jawab untuk membantu mengarahkan client untuk mengemas produknya semenarik mungkin, sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh produk tersebut dapat diterima dengan baik oleh konsumen.
Security Network Analyst
Jobdesc : Men-desain, mengimplementasikan dan maintain computer dan informasi keamanan system. Memantau untuk mendeteksi aktifitas apapun yang mencurigakan di dalam network, dan memeliharanya dengan menginstal firewalls untuk perlindungan dari serangan system yang mengancam. Network Administrator
Jobdesc : Mengoperasi, memaintain jaringan LAN maupun WAN, manajemen system serta dukungan terhadap perangkat kerasnya, mengarsipkan data, serta maintain computer
IT Support
Jobdesc : Maintenance hardware untuk tiap hari, mengatasi troubleshooting, memastikan semua hardware perusahaan berfungsi dengan baik.
Teknisi Komputer
Jobdesc : Memasang seluruh komponen yang berhubungan dengan komputer dengan benar, memperbaiki hardware yang bermasalah, menginstall software pada computer.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pekerjaan yang diminati : Web Designer
Alasan : Web Designer merupakan salah satu pekerjaan yang meliputi kreasi serta inspirasi dalam pekerjaannya, tidak begitu terpaku dengan coding yang rumit, tidak memiliki tanggung jawab yang berat, cukup santai untuk dijalani.
Read More ->>
Web Designer
Jobdesc : Membuat desain sebuah website, desain tersebut akan dibuka atau dinikmati pada sebuah layar handhone, layar tablet atau layar computer. Membuat rancangan layout website dengan menggunakan photoshop atau bias langsung membuatnya dengan browser. Software Engineer
Jobdesc : Meneliti, merancang, dan men-develop system software untuk memenuhi keperluan client. Setelah sistem sudah secara penuh dirancang software engineer lalu diuji, dan memelihara system.
Database Administrator
Jobdesc : Bertanggung jawab untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan database. Pemasangan software baru dari software DBMS, konfigurasi hardware dan software dengan system administrator, pengamanan administrasi, analisis data, mendesain database, dan pemodelan data serta optimasi. Business Development
Jobdesc : Mengembangkan bisnis yang dimiliki oleh suatu perusahaan, melakukan analisa bisnis, juga mengelola opportunity business yang ada.
System Engineer
Jobdesc : Menyediakan rancangan system dan konsultasi terhadap pelanggan, memberikan respon terhadap permintaan technical queries serta dukungannya, dan melakukan pelatihan teknis ke pelanggan dan IT Administrator.
Account Manager
Jobdesc : Bertanggung jawab untuk membantu mengarahkan client untuk mengemas produknya semenarik mungkin, sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh produk tersebut dapat diterima dengan baik oleh konsumen.
Security Network Analyst
Jobdesc : Men-desain, mengimplementasikan dan maintain computer dan informasi keamanan system. Memantau untuk mendeteksi aktifitas apapun yang mencurigakan di dalam network, dan memeliharanya dengan menginstal firewalls untuk perlindungan dari serangan system yang mengancam. Network Administrator
Jobdesc : Mengoperasi, memaintain jaringan LAN maupun WAN, manajemen system serta dukungan terhadap perangkat kerasnya, mengarsipkan data, serta maintain computer
IT Support
Jobdesc : Maintenance hardware untuk tiap hari, mengatasi troubleshooting, memastikan semua hardware perusahaan berfungsi dengan baik.
Teknisi Komputer
Jobdesc : Memasang seluruh komponen yang berhubungan dengan komputer dengan benar, memperbaiki hardware yang bermasalah, menginstall software pada computer.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pekerjaan yang diminati : Web Designer
Alasan : Web Designer merupakan salah satu pekerjaan yang meliputi kreasi serta inspirasi dalam pekerjaannya, tidak begitu terpaku dengan coding yang rumit, tidak memiliki tanggung jawab yang berat, cukup santai untuk dijalani.
Rabu, 04 Oktober 2017
Manajemen Proyek Dan Resiko Beserta Solusinya
Manajemen proyek adalah suatu rencana pekerjaan yang di susun secara sistematik sehingga suatu pekerjaan tersebut dapat terselesaikan dengan baik atau bisa di sebut juga sebagai cara mengelola dan mengorganisir berbagai aset, sumber daya manusia, waktu serta kualitas pekerjaan proyek, sehingga proyek menghasilkan kualitas yang maksimal dalam waktu yang sudah direncanakan serta memberikan efek kesejahteraan bagi karyawan, sebagai contoh kita ambil yaitu pembangunan sebuah rumah, pada saat pembuatan rumah, kita harus membutuhkan berbagai macam bahan material seperti pasir, semen, batu bata, dsb.
Ciri-ciri proyek Secara umum ciri- ciri proyek dapat dikelompokan ke dalam 4 (empat) kelompok: - proyek mempunyai tujuan yaitu menghasilkan barang dan jasa
- proyek memerlukan input berupa factor
- faktor produksi atau sumber daya, seperti modal, tanah dan material, peralatan, tenaga pegawai dan kepemimpinan
- proyek mempunyai titik awal dan titik akhir
- dalam waktu tertentu setelah proyek selesai, mulai dapat menghasilkan.enyelesaikan proyek.
Resiko adalah suatu ketidakpastian di masa yang akan datang tentang kerugian Contoh kasus Manajemen Resiko pada Perusahaan SDA : Resiko kerusakan lingkungan PT. Lapindo Brantas Kerusakan lingkungan harus menjadi salah satu perhatian penting dari perusahaan. Dalam menjalankan aktivitas produksinya tidak menutup kemungkinan perusahaan akan memberikan dampak sampingan yang mengandung potensi masalah terhadap lingkungan, yang akan merusak lingkungan dan merugikan masyarakat sekitarnya.
Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh perusahaan pada gilirannya akan berbalik kepada perusahaan itu sendiri berupa adanya tuntutan dari berbagai pihak seperti; masyarakat sekitar, pemerintah atau organisasi aktivis lingkungan. Lebih dari itu isu lingkungan dewasa ini telah menjadi perhatian berbagai pihak baik di dalam negeri (nasional) maupun dunia (internasional). Perusahaan yang tidak ramah terhadap lingkungan, bisa saja izin usahanya akan dicabut oleh pemerintah, pengajuan kreditnya tidak bisa direalisasikan oleh bank, atau produknya ditolak oleh pasar/khususnya pasar ekspor ke negara-negara tertentu seperti Amerika dan negara-negara Eropa. Jadi kerusakan lingkungan oleh perusahaan pada gilirannya dapat menimbulkan risiko yang sangat besar bagi perusahaan itu sendiri.
Bencana ekologis nasional lumpur panas yang terjadi di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur dimulai pada tanggal 28 Mei 2006, saat gas beracun dan lumpur panas menyembur di dekat sumur pengeboran Banjar Panji-1 milik kegiatan pengeboran PT Lapindo Brantas, Inc. yang hingga penelitian ini dilaksanakan masih belum dapat dihentikan. Kegiatan eksplorasi minyak dan gas sebagaimana dilakukan oleh PT Lapindo Brantas, Inc. merupakan kegiatan survey seismic dan eksplorasi. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan karena sifat cadangan minyak dan gas bumi yang berada di perut bumi tidak dapat ditentukan lokasinya secara pasti. Karena besarnya volume semburan menyebabkan air Lumpur tersebut dialirkan ke badan air Sungai Porong dan Sungai Aloo demi menjamin keselamatan jiwa masyarakat dan infrastruktur di sekitar lokasi semburan dan ini juga berdampak pada kerusakan ekosistem di sungai tersebut. Akibat dari masalah ini semua pihak sangat dirugikan terutama masyarakat yang terkena dampak dari lumpur serta polusi udara yang di hasil kan dari lumpur tersebut. Bukan hanya masyarakat, PT. Lapindo Brantas juga mengalami banyak kerugian sehingga berdampak pada semua investor serta karyawan PT. Lapindo Brantas.
========================================================================
Berikut kerugian yang harus dihadapi PT. Lapindo Brantas :
1. PT. Lapindo Brantas harus mengeluarkan Biaya-biaya karena melanggar hukum Perusahaan yang mengeluarkan polusi melebihi batas yang diizinkan akan mendapatkan ganjaran hukum, mulai dari hukuman denda sampai pada hukuman yang berat, misalnya penjara.
2. PT. Lapindo Brantas harus mengeluarkan Biaya-biaya untuk membayar ganti rugi kepada masayarakat yang terkena lumpur serta memberikan tempat tinggal yang layak.
3. Para Investor tidak lagi bekerjasama dengan PT. Lapindo Brantas, investor akan lebih tertarik untuk meminjamkan/ menginvestasikan dananya kepada perusahaan yang bertanggung jawab terhadap masalah polusi.
4. Izin Usaha PT. Lapindo Brantas terancam di cabut oleh Pemerintah karena perusahaan tersebut dianggap bermasalah dan merugikan banyak pihak.
5. PT. Lapindo harus membayar Gaji Karyawan serta pesangonnya.
========================================================================
Solusi meminimalkan Risiko Lingkungan : Upaya meminimalkan risiko lingkungan pada dasarnya adalah dilakukan dengan cara menerapkan Manajemen yang baik. Dengan menerapkan Manajemen yang baik, berarti perusahaan akan melakukan:
1. Untuk bidang usaha tertentu terutama PT. Lapindo Brantas perlu melakukan AMDAL (Analisa mengenai Dampak Lingkungan) sebelum usaha tersebut dimulai.
2. Gunakan teknologi dan buat keputusan dengan beberapa para Ahli dalam mengatasi limbah tersebut.
3. Pilih Lokasi Perusahaan yang jauh dari lingkungan masayarakat.
4. Lakukan audit lingkungan.
Referensi : Sumber
Read More ->>
Ciri-ciri proyek Secara umum ciri- ciri proyek dapat dikelompokan ke dalam 4 (empat) kelompok: - proyek mempunyai tujuan yaitu menghasilkan barang dan jasa
- proyek memerlukan input berupa factor
- faktor produksi atau sumber daya, seperti modal, tanah dan material, peralatan, tenaga pegawai dan kepemimpinan
- proyek mempunyai titik awal dan titik akhir
- dalam waktu tertentu setelah proyek selesai, mulai dapat menghasilkan.enyelesaikan proyek.
Resiko adalah suatu ketidakpastian di masa yang akan datang tentang kerugian Contoh kasus Manajemen Resiko pada Perusahaan SDA : Resiko kerusakan lingkungan PT. Lapindo Brantas Kerusakan lingkungan harus menjadi salah satu perhatian penting dari perusahaan. Dalam menjalankan aktivitas produksinya tidak menutup kemungkinan perusahaan akan memberikan dampak sampingan yang mengandung potensi masalah terhadap lingkungan, yang akan merusak lingkungan dan merugikan masyarakat sekitarnya.
Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh perusahaan pada gilirannya akan berbalik kepada perusahaan itu sendiri berupa adanya tuntutan dari berbagai pihak seperti; masyarakat sekitar, pemerintah atau organisasi aktivis lingkungan. Lebih dari itu isu lingkungan dewasa ini telah menjadi perhatian berbagai pihak baik di dalam negeri (nasional) maupun dunia (internasional). Perusahaan yang tidak ramah terhadap lingkungan, bisa saja izin usahanya akan dicabut oleh pemerintah, pengajuan kreditnya tidak bisa direalisasikan oleh bank, atau produknya ditolak oleh pasar/khususnya pasar ekspor ke negara-negara tertentu seperti Amerika dan negara-negara Eropa. Jadi kerusakan lingkungan oleh perusahaan pada gilirannya dapat menimbulkan risiko yang sangat besar bagi perusahaan itu sendiri.
Bencana ekologis nasional lumpur panas yang terjadi di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur dimulai pada tanggal 28 Mei 2006, saat gas beracun dan lumpur panas menyembur di dekat sumur pengeboran Banjar Panji-1 milik kegiatan pengeboran PT Lapindo Brantas, Inc. yang hingga penelitian ini dilaksanakan masih belum dapat dihentikan. Kegiatan eksplorasi minyak dan gas sebagaimana dilakukan oleh PT Lapindo Brantas, Inc. merupakan kegiatan survey seismic dan eksplorasi. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan karena sifat cadangan minyak dan gas bumi yang berada di perut bumi tidak dapat ditentukan lokasinya secara pasti. Karena besarnya volume semburan menyebabkan air Lumpur tersebut dialirkan ke badan air Sungai Porong dan Sungai Aloo demi menjamin keselamatan jiwa masyarakat dan infrastruktur di sekitar lokasi semburan dan ini juga berdampak pada kerusakan ekosistem di sungai tersebut. Akibat dari masalah ini semua pihak sangat dirugikan terutama masyarakat yang terkena dampak dari lumpur serta polusi udara yang di hasil kan dari lumpur tersebut. Bukan hanya masyarakat, PT. Lapindo Brantas juga mengalami banyak kerugian sehingga berdampak pada semua investor serta karyawan PT. Lapindo Brantas.
========================================================================
Berikut kerugian yang harus dihadapi PT. Lapindo Brantas :
1. PT. Lapindo Brantas harus mengeluarkan Biaya-biaya karena melanggar hukum Perusahaan yang mengeluarkan polusi melebihi batas yang diizinkan akan mendapatkan ganjaran hukum, mulai dari hukuman denda sampai pada hukuman yang berat, misalnya penjara.
2. PT. Lapindo Brantas harus mengeluarkan Biaya-biaya untuk membayar ganti rugi kepada masayarakat yang terkena lumpur serta memberikan tempat tinggal yang layak.
3. Para Investor tidak lagi bekerjasama dengan PT. Lapindo Brantas, investor akan lebih tertarik untuk meminjamkan/ menginvestasikan dananya kepada perusahaan yang bertanggung jawab terhadap masalah polusi.
4. Izin Usaha PT. Lapindo Brantas terancam di cabut oleh Pemerintah karena perusahaan tersebut dianggap bermasalah dan merugikan banyak pihak.
5. PT. Lapindo harus membayar Gaji Karyawan serta pesangonnya.
========================================================================
Solusi meminimalkan Risiko Lingkungan : Upaya meminimalkan risiko lingkungan pada dasarnya adalah dilakukan dengan cara menerapkan Manajemen yang baik. Dengan menerapkan Manajemen yang baik, berarti perusahaan akan melakukan:
1. Untuk bidang usaha tertentu terutama PT. Lapindo Brantas perlu melakukan AMDAL (Analisa mengenai Dampak Lingkungan) sebelum usaha tersebut dimulai.
2. Gunakan teknologi dan buat keputusan dengan beberapa para Ahli dalam mengatasi limbah tersebut.
3. Pilih Lokasi Perusahaan yang jauh dari lingkungan masayarakat.
4. Lakukan audit lingkungan.
Referensi : Sumber
Langganan:
Postingan (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Mengenai Saya
Popular Posts
-
T ugas : M embuat D ata E mpiris B eserta T abel D istribusi F rekuensi M ata K uliah ...
-
Penulis : Hiromu Arakawa Penerbit : Enix 2001-2003 Square Enix 2003-2010 Genre ...
-
Pengarang : Tohru Fujisawa Penerbit : Kodansha Genre : Drama, Comedy ...
-
Manajemen proyek adalah suatu rencana pekerjaan yang di susun secara sistematik sehingga suatu pekerjaan tersebut dapat terselesaikan d...
-
Model Trend Projection Adalah suatu metode peramalan serangkaian waktu yang sesuai dengan garis tren terhadap serangkaian titil titik mas...
-
PROPOSAL MANAJEMEN PROYEK DAN RISIKO RESTORAN BERTEMA JEPANG Disusun oleh : Iqbal Andi Pradana 23115401 3KB05 SIST...
-
Arti Bahasa Pengertian bahasa secara umum adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota kelompok sosial untuk bek...
-
Kronologi Kasus Buni Yani Penyebar Video Ahok Soal Al Maidah Diliput oleh CNN Indonesia -- Buni Yani...
-
Apakah laptop terakhir anda rusak begitu cepat ? Di sinilah anda bisa menemukan pengganti yang andal Saat m...
-
Kelas Nilai Nilai Tengah ( xi ) Tally Frekuensi ( fi ) fi . xi I 50 – 5...