Kamis, 13 Oktober 2016

Tugas Softskill - Pengantar Statistika

Tugas               : Membuat Data Empiris Beserta Tabel                          Distribusi Frekuensi
M
ata Kuliah     : Pengantar Statistika (Softskill)

1. Buatlah data empiris tentang apa saja . . .
2. Simpan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi . . .
3. Buatlah Grafik
            - Histogram
            - Pie Chart
            - Ogive

Jawab

1. Dibuat data tentang perolehan nilai kuis  Matematika Lanjut kelas 2KB05

50, 60, 60, 62, 62, 65, 70, 70, 70, 70
75, 75, 75, 80, 80, 85, 85, 85, 88, 90
90, 90, 90, 90, 95, 95, 95, 95, 95, 95

   A. Menentukan Range (R).
            Range dapat diartikan sebagai jarak antara data terkecil sampai terbesar atau selisih antara data terbesar sampai terkecil. Dari contoh diatas :

            Range (R)                    =          Data terbesar – data terkecil
            Range                          =          95 – 50 = 45

   B. Menentukan Interval kelas (i)

            Interval Kelas (i)         = 1+3,3(Log n)
            Dimana n                     = Jumlah data, maka
            Interval Kelas (i)         = 1+3,3 (Log 30)
                                                = 1+ 3,3 (1,477) = 5,874  dibulatkan menjadi  6

   C. Menentukan Jumlah Kelas (k).

            Cara menentukan jumlah kelas (k) yang paling sederhana adalah dengan Rumus :
            Jumlah Kelas (k)         = Range (R) : Interval kelas (i)
            Jumlah Kelas               = Range : Interval Kelas (i) = 45 : 6 = 7, 5 dibulatkan menjadi 8





   D. Menentukan kelas

            Dalam menentukan kelas, diharapkan semua data yang ada dapat masuk keseluruhan. Data terkecil harus masuk pada kelas pertama, dan data terbesar dapat masuk pada kelas terakhir. Dari persoalan diatas, dapat dibuat interval – interval kelas sebagai berikut.

            Kelas I             = 50 - 55
            Kelas II           = 56 - 61
            Kelas III          = 62 - 67
            Kelas IV          = 68 - 73
            Kelas V           = 74 - 79
            Kelas VI          = 80 - 85
            Kelas VII        = 86 – 91
            Kelas VIII       = 92 - 97


   E. Menghitung Frekuensi Kelas.
         
           Frekuensi tiap – tiap kelas diartikan sebagai jumlah dari data – data yang sudah dimasukkan kedalam masing – masing kelas. Selanjutnya semua data pengamatan pada    masing – masing kelas dihitung dengan menggunakan sistem Tally (tanda : ||||). Frekuensi     kelas adalah jumlah dari tanda yang diperoleh. Jika semua langkah dipenuhi, maka dari        soal diatas dapat dibuat tabel distribusi frekuensi sebagai berikut.

2. Tabel Distribusi Frekuensi Nilai Kuis Matematika kelas 2KB05



Kelas
Nilai
Tally
Frekuensi
I
50 – 55
|
1
II
56 – 61
||
2
III
62 – 67
|||
3
IV
68 – 73
||||
4
V
74 – 79
|||
3
VI
80 – 85
||||
5
VII
86 – 91
|||| |
6
VIII
92 – 97
|||| |
6
Total


30

 

3. Grafik

   A. Histogram




   B. Pie Chart








   C. Ogive








0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.